17 Januari Diperingati Hari Apa Saja? Berikut Peristiwanya

oleh
17-Januari-Diperingati-Hari-Apa

Tanggal 17 januari diperingati hari apa? Ternyata, setiap tanggal tersebut terdapat berbagai perayaan, baik di Indonesia maupun di negara lainnya. Adapun berbagai peristiwa yang diperingati adalah sebagai berikut:

  1. Hari Benjamin Franklin

Hari Benjamin Franklin dirayakan setiap tahunnya dengan tujuan memberi penghormatan untuk Benjamin Franklin, salah seorang pendiri wilayah Amerika Serikat. Sosok yang terkenal sebagai polimatik ini lahir tanggal 17 Januari.

Benjamin Franklin adalah seorang diplomat, penemu, pencetak, negarawan, penyair, ilmuwan, politikus, sampai penerbit. Namanya semakin luas dikenal masyarakat ketika turut berperan dalam penyusunan Deklarasi Kemerdekaan.

  1. Hari Kesadaran Nasional

Seluruh instansi pemerintahan Indonesia mulai dari pelayanan dasar sampai jenjang kementerian akan memperingati Hari Kesadaran Nasional pada tanggal 17. Tujuan dari peringatan ini yaitu supaya aparatur sipil negara memegang teguh tugas serta berperilaku baik ketika memberikan pelayanan untuk seluruh masyarakat.

Setiap anggota ASN diharapkan tidak melakukan pelanggaran terhadap peraturan perundangan yang berlaku, misalnya lalai terhadap tugas hingga melakukan korupsi. Selain itu, ASN yang juga bagian masyarakat Indonesia wajib mampu berperan sosial serta menaati norma di masyarakat.

  1. Hari Kita Tidak Hancur Internasional
17-januari-diperingati-hari-apa

International We Not Broken Day atau yang juga dikenal sebagai Hari Kita Tidak Hancur Internasional diperingati tanggal 17 Januari setiap tahun. Perayaan ini dilakukan dengan tujuan mengingatkan sampai mengajak seluruh kalangan masyarakat bahwa sesusah apapun kehidupan akan tetap dapat dijalani secara baik.

Setiap individu tentu pernah mengalami stres yang dapat menimbulkan reaksi ekstrem bagi diri sendiri, misalnya bunuh diri. Fenomena ini menarik perhatian banyak lembaga internasional yang menggerakkan mereka untuk menetapkan 17 Januari menjadi Hari Kita Tidak Hancur Internasional.

  1. Gempa Besar Hanshin

Tanggal 17 Januari 1995 terjadi gempa yang menimpa daerah Prefektur Hyogo, Jepang. Gempa tersebut juga dirasakan masyarakat yang berada di wilayah Hanshin. Gempa bumi dengan magnitudo 6,9 itu terjadi sekitar 20 detik lamanya.

Kuatnya gempa yang begitu besar menyebabkan 6.434 nyawa melayang. Maka tak heran jika gempa Hanshin disebut sebagai gempa paling mematikan yang melanda Jepang pada abad ke-20, yaitu berada satu urutan setelah gempa Kanto Besar yang terjadi pada 1923.

  1. Hari Popeye

Popeye merupakan tokoh kartun yang dibuat Elzie Crisler Segar, yaitu penulis dari Amerika Serikat. Popeye ditampilkan pertama kali di dalam komik dengan judul Popeye in the Thimble Theatre yaitu tanggal 17 Januari 1929.

Daya tarik yang kuat serta keberhasilannya dalam menarik perhatian masyarakat menjadikan Popeye debut di layar kaca. Dari situlah sosok Popeye terus berkembang dan muncul di berbagai media, seperti majalah, komik, radio, sampai serial kartun.

  1. Hari Layanan Pelanggan

Amerika Serikat merayakan Hari Layanan Pelanggan setiap tanggal 17 Januari. Momen ini menjadi alat bagi perusahaan untuk terus memberi layanan kepada pelanggan untuk membuat pelanggan merasa nyaman dan puas sehingga kembali lagi.

Setiap perusahaan dapat bertahan dengan adanya pelanggan. Dengan kata lain, pelanggan menjadi jantung pergerakan perusahaan. Oleh karena itu layanan yang diberikan harus mampu memenuhi kebutuhan agar tercipta pelanggan yang loyal.

  1. Perjanjian Renville

Sengketa kedaulatan Indonesia terjadi antara Belanda dan Indonesia berhasil melahirkan Perjanjian Renville. Sengketa tersebut terjadi akibat kapal perang milik Amerika Serikat yang menepi di Jakarta dan dinilai menjadi posisi netral USS Renville.

Mulanya, Perjanjian Renville bertujuan menyudahi pertikaian pada Perjanjian Linggarjati namun tidak mampu menyelesaikan konflik yang ada. Hingga akhirnya, perundingan Renville dilakukan dengan ditengahi Komisi Tiga Negara.

Nah itu dia sekilas pembahasan mengenai tanggal 17 Januari diperingati hari apa saja.

Tentang Penulis: Martin Brooks

Gambar Gravatar
Martin brooks adalah nama saya, lahir dari kota jawa tengah. dari rutinitas sekaligus hobi sejak kecil yang suka menulis, membuat saya berfikir untuk membuat blog agar bisa dinikmati banyak masyarakat. Karena saya selalu mengupdate berita, bisnis, dan teknologi terbaru. Selamat menikmati.

No More Posts Available.

No more pages to load.